Jumat, 14 November 2014

Cara menggunakan reverb pada sound system



Reverb adalah efek suara yang terjadi karena adanya suara yang dipantulkan. Jika anda bernyanyi di hall, suara akan terdengar lebih bagus karena ada suara yang memantul / menggema. Efek gema inilah yang disebut dengan Reverb.
Alat Reverb digunakan untuk memunculkan efek gema tersebut dan memberikan efek suatu dimensi ruang. Beberapa tombol pada alat Reverb adalah:
  • Pre Delay digunakan untuk mengatur waktu yang dibutuhkan antara suara asli yang kering 'dry' dengan suara pantulan pertama dari sebuah Reverb. Otak manusia akan mempersepsikan Reverb ketika jarak pre delay adalah kurang dari 100 ms. Apabila lebih dari itu, maka efek ini disebut sebagai Echo.
  • Early Reflection digunakan untuk mengatur besarnya "ruangan" yang dipersepsi otak manusia terhadap reverb yang dihasilkan. Parameter ini mengatur beberapa pantulan pertama yang terjadi sebelum reverb yang sesungguhnya datang. Beberapa pantulan pertama inilah yang akan memberi persepsi bentuk serta luas ruangan.
  • Reverb Time mengatur panjangnya waktu reverb berlangsung sampai benar-benar habis. Sering disebut juga sebagai Sustain, Decay, dll. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar